Sekami & Temu Minggu Gereja Katholik St Mikael Stasi Loa Janan, Paroki St. Pius X Tenggarong

Ini adalah cerita tentang Anak-anak Misioner yang ada di gereja Katolik St. Mikael, Stasi Loa Janan, Paroki St. Pius X Tenggarong. Mungkin tidak banyak yang mengetahui Stasi ini, jika mereka berada di luar dari Paroki St, Pius X Tenggarong, tapi di dalam Paroki St. Pius X tenggarong, Stasi Loa Janan ini sangat terkenal,, he he he,, :D  *pamer dikit* ,, 😀 apalagi Kelompok Anak Misioner di Stasi ini, sangat terkenal dengan gaya khas mereka. Di dalam Stasi ini, Anak Misioner di bagi menjadi dua kelompok, yaitu:

  • Kelompok Temu Mingggu

Kelompok Temu Minggu dalam anak Misioner di Stasi ini, adalah anak-anak yang berkisar dari Pra TK s/d Kelas 3 SD. 

  • Kelompok SEKAMI

Kelompok SEKAMI adalah anak-anak yang berada di bangku SD kelas 4 s/d SMP kelas 3.

  • Sedikit Tentang SEKAMI dan Tmu Minggu di Stasi ini

Tidak di pungkiri jika anak-anak sangat imut-imut dan lucu-lucu, selain itu mereka juga cukup pinter, dan sangat rajin mengikuti kegiatan yang di laksanakan di gereja, baik itu kegiatan Stasi maupun kegiatan Paroki. kegiatan  Mereka lumayan banyak, mulai dari Sekolah Minggu, doa kelompok mingguan, Doa setiap hari minggu, dan juga mengambil bagian dalam pelayanan misa hari minggu serta hari – hari besar bersama dengan kelompok Sekami juga Kakak-kakak Pendamping. jika ada kegiatan keluar Stasi, mereka juga sangat antusias untuk mengikuti kegiatan, orang tua mereka juga sangat mendukung, dan mempercayai kakak-kakak pendamping dalam mendampingi anak-anak dalam mengikuti kegiatan.

  • Kegiatan Tahunan😎

ada beberapa kegiatan tahunan yang rutin di laksanakan di satsi juga paroki bagi Anak-anak SEKAMI dan Temu Minggu:

  1. pada bulan pertama (Minggu Pertama tahun) pasti di adakan acara hari anak misioner sedunia dan juga sekalian natalan bersama anak-anak misioner se-Paroki, biasanya kegiatan ini di laksanakan di Gereja Paroki, yang melibatkan seluruh anak misioner yang ada di stasi-stasi, kegiatannya sangat ramai pastinya, kegiatannya meliputi misa bersama, stelah itu anak-anak di ajak untuk berkumpul dan mulai mengikuti acara-acara yang sudah di siapkan, seperti materi kitab suci sedikit, and games-games seru tentunya,, tidak lupa juga memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menunjukkan aksinya di atas pentas, disini ini bagian yang anak-anak sangat favoritkan, karena mereka bisa menunjukkan aksi-aksi yang gak bakal kita bisa tebak apa yang mereka persembahkan,, kalau menyanyi sih mungkin udah biasa, menari juga udh biasa,, tapi kali ini anak-anak banyak yang mempersembahkan tarian modern, seperti hip-hop dance (poping, batle, street batle) pokoknya semua akan terkejut melihat aksi-aksi mereka,,😎 gak cuma aksi tarian modern, tarian tradisional juga ada, mulai dari tarian perang(dayak), gawi(ende lio), jai(bejawa) dan tarian daerah lainnya, pokoknya seru and mantap abis,, he he B-) , selain itu mereka juga bisa mengajak kita untuk joget bersama lho,, dan di ujung acara anak-anak akan saling berbagi kado / bertukar kado dengan teman-teman lain, yg juga di bantu oleh Santa Klaus ala Paroki Kami,, he he😀
  2. pada bulan september, anak-anak Misioner juga selalu mengadakan yang namanya kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional, kalau untuk acara yang satu ini ni, kegiatan yang bisa di katakan paling di favoritkan oleh semua umat Se-paroki, karena ini adalah acara besar yang di laksanakan selama 3 hari, tempat pelaksanaannya bergantian dari satu stasi ke stasi lain. mengapa di katakan kegiatan besar? karena walaupun kegiatannya hanya bagi anak-anak, tapi semua orang bisa di buat sibuk lho,, karena kita harus bisa mempersiapkan tempat bagi -+ 1000 orang, sudah termasuk panitia, mempersiapkan dana makan yg besar tentunya, mempersiapkan keamanan untuk anak-anak, mempersiapkan tempat MCK nya, koor, dan masih banyak lagi persiapan yang harus di siapkan,, he he he,,😀 jadi persiapan minimal di mulai 1 bulan sebelum kegiatan 50% harus selesai, setelah hari H nya tiba, maka kami akan melakaukan perarakan Kitab Suci, yang bisa berjarak 2 KM dari Gereja, yang harus melibatkan anggota tentara dan juga polisi untuk mengatur keamanan di jalan besar, setelah itu, barulah di buka dengan misa pembukaan. setelah misa pembukaan, barulah mulai dilaksanakan lomba-lomba, baik tingkat SEKAMI maupun Temu Minggu, di antaranya lomba paduan suara, CCA, Drama KItab Suci, menggambar, menyanyi solo, dan lain sebagainya. sehingga dari sini anak-anak bisa terpacu untuk selalu belajar iman mereka sejak dini. setelah seluruh kegiatan dan lomba yg di laksanakan selama 3 hari 2 malam, maka di hari ke 3 akan di tutup dengan pembagian hadiah bagi sang jawara-jawara iman anak-anak,, he he,, juga pembagian souvenir untuk semua anak-anak *biar gak ada yang ngambek karena gak dapet hadiah,, he he* :D  ,, setelah itu barulah di tutup dengan misa penutupan, dan sayonara,, he he 
  3. kegiatan yang gak kalah seru lainnya di stasi ini juga pada saat masa paskah, yaitu lomba-lomba, dan juga yang akan di tutup dengan lomba khas paskah adalah mencari telur emas,, he he selain lomba, anak-anak juga di ajak dalam kegiatan paskah untuk melayani umat dalam 1 hari perayaan besar baik dari hari rabu abu hingga hari raya paskah,, maksudnya agar anak-anak semakin mengerti akan penting saling melayani, dan juga membiasakan anak serta memberikan kepercayaan kepada mereka, bahwa mereka bisa, karena bagi mereka masa depan gereja berada, ,
  4. ini adalah galery foto seluruh kegiatan bagi anak-anak misioner, baik tingkat stasi maupun paroki,, ada yang seriusnya, ada juga yang lucunya,, he he

dan semoga dari semua kegiatan yang ada ini, iman anak-anak semakin bertambah, sehingga tidah mudah goyah jika di terjang oleh kehidupan dunia sekarang maupun yang akan datang, akhir kata Jessus bless Us,,🙂

8 thoughts on “Sekami & Temu Minggu Gereja Katholik St Mikael Stasi Loa Janan, Paroki St. Pius X Tenggarong

  1. maaf mas niat saya bukan untuk share saran dan kritikan,melainkan ingin menanyakan bagaimana untuk menjadi umat katolik?terima kasih atas waktu dan perhatinnya

    • ya terimakasih karena Bapak sudah membaca tulisan saya disini,, dan puji Tuhan juga jika Bapak ada niat untuk menjadi umat katolik, ataupun mau mengenal katolik, tetapi alangkah lebih baiknya jika Bapak pergi saja ke gereja gereja katolik yang ada di sekitar tempat tinggal Bapak, mohon bertemu dengan Pastor/ tokoh umat di lingkungan tempat tinggal Bapak, karena dari situ, Bapak bisa mengetahui lebih banyak tentang katolik, terimakasih dan salam dari kami,,

  2. baguuuussss banget…. saya dr. natalia, baru mulai ikut membina sekami di paroki halilulik. sebelumnya saya termasuk tim BIA di tangerang, sehingga pengalaman masih sangat kurang mengenai remaja, permainan yang sesuai, materi yang menarik untuk mereka, kegiatan yang sesuai dengan umur mereka untuk sekami, dsb.
    apakah boleh minta saran dan bahan?

    • terimakasih Ibu/Mba Natalia? sudah mau membaca tulisan cerita kecil kami yang jauh di kalimantan ini,
      mau minta saran dan bahan yang seperti apa ni? jangan2 nanti kalau kami kirim, malah di sudah kadaluawarsa lagi di sana,, hehe,,
      kalau memang ada, bisa kontak ke ngustiyandiyanes@yahoo.co.id ,, sehingga kita bisa lebih mudah untuk saling berbagi informasi tentang anak2, jjuga bahan2 dan saran dalam membina mereka, terimakasih,, salam dalam kasih Kristus.🙂

  3. wew… mantap kak yandi….
    saran and kritik dr saya sich… knpa ga di masukin jg KOMKA” nya..??? kan lbh bagus tu jadinya low KOMKA seParoki di masukin jg kyk gini…
    and saya mau nanya jg nie… kpan kk tercapai jadi PASTOR ? spy d grja kita ga kekurangan pastor terus tu (terutama utk hari” besar)… hihihihi (just kidding yeeeee)
    thanks………..

    • hahahaha,,
      makasih ude nyinggah d blogku,,
      kalo KOMKA rencananya abis kegiatan pekan mudika dulu deh,, belon ada event yg menarik untuk di ceritain d blogku kayaknya,,
      kalo ada pasti bakal masuk kok,, hehehe
      kalo pertanyaan yg k dua ntu, kayaknya ude gak bisa deh len,, hehehe,, 😛🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s